Sekilas tentang Penulis buku "Relung Cinta Sang Pujangga"

Penulis     : Nurul Insani
Judul        : Relung Cinta Sang Pujangga (Kumpulan Cerpen)
Tebal        : 124 halaman
Kertas      : Bookpaper
Ukuran     : 12,5 x 19,5 cm
Penerbit    : Mitra Karya


Sekilas tentang Penulis buku "Relung Cinta Sang Pujangga"

Nurul Insani, lahir pada 29 Juni 1994 di Sidoarjo, Jawa Timur. Putri sulung dari pasangan H. Ah. Dimyati dan Hj. Murthosiyah. Ia menempuh pendidikan dasar di SDN Wedi Gedangan Sidoarjo (lulus 2006). Tidak hanya sampai di situ, setelahnya ia memutuskan untuk merantau, mendalami ilmu agama di MTs Mambaus Sholihin Suci Gresik (lulus 2009), MA Pesantren Al-Amin Mojokerto (lulus 2012). Setamat MA, ia diterima di Kampus Keperawatan Gigi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surabaya (lulus 2015).

Selama hidup di perantauan, ia aktif menulis catatan harian. Tapi dalam benaknya tak pernah terpikirkan untuk menjadikan sebuah cerpen. Baru ketika tahun 2016, ia mulai menulis cerpen. Untuk mengawali cerpen pertamanya, ia telah melalui beberapa tahap. Dan itu baginya tidaklah mudah. Salah satunya adalah membaca sebab dalam hal ini harus ada niat dan istiqomah tanpa henti. Sama halnya dengan menulis.

Sebagian besar cerpen yang ia tulis adalah kisah nyata diambil dari catatan harian dan kisah-kisah orang terdekatnya. Karya pertamanya terbit dalam buku “Kumpulan Puisi Nusantara” yang merupakan 150 puisi terbaik pada Sayembara Cipta Puisi Tingkat Nasional 2, Juli 2016.
Dalam praktik menulis, ia selalu mengandalkan kondisi hati. Jika sedang patah hati, kata-kata buncah tersusun rapi. Pun jika sedang meluap rasa ingin berbagi, tak jarang tulisannya menginspirasi. Sebab kecintaannya pada buku, dua tahun terakhir ini ia pernah berazam untuk mengumpulkan dan mengkhatamkan 40 buku sebelum usia 25 tahun. Dan itu sempurna terlaksana jauh sebelum batas usia yang ditargetkan. Dari hasil jerih payahnya, saat ini 50 buku tela h berjajar rapi memenuhi rak kecilnya.
“Jika diberi kesempatan dan waktu yang panjang, aku tak kan berhenti membaca dan menulis kisah.” Inilah asa yang tak pernah padam dalam dadanya.


Kini, ia tinggal sementara di Kota Gresik. Di tengah aktifitasnya sebagai perawat gigi di Puskesmas Cerme Gresik, ia masih aktif mengisi blog pribadi mbak-iin.blogspot.com dan mengikuti berbagai macam lomba menulis online. Penulis bisa dihubungi di akun facebook Nurul Insani dan nomor 081554350548.

Komentar