Surat Cinta dari Rafah karya Adly Al-Fadlly Usmunie



KATA PENGANTAR

A
lhamdulillah, salam puja dan puji senantiasa terhaturkan hanya kepada Allah Swt, Sang Maha Agung di alam semesta. Shalawat dan salam kerinduan senantiasa tertujukan kepada Sang Revolusioner dunia, Baginda Nabi Muhammad Saw. pemberi syafaat dan penuntun kita kepada jalan yang diridloi Allah melalui agamanya yang mulia, Agama Islam.
Sastra adalah salah satu dari bentuk tulisan yang bisa menyihir manusia. Lisan, adalah salah satu perantara untuk menyampaikan keindahan pada semua mata. Dan begitulah, jika prakata lisan tidak bisa tersampaikan ke segala penjuru dunia, maka prakata tulisan akan menggantikan tugasnya dengan sempurna.
Berangkat dari keinginan berbagi kepada sesama untuk menebar kebaikan, maka lahirlah cerita-cerita penuh inspirasi yang terkumpul dalam buku ini. Sejatinya, cerita-cerita dalam buku ini memiliki pesan yang sangat dalam, pesan yang sangat komplek, serta pesan yang multiusia, untuk berbagai jenis manusia dari segi umur. Cerita-cerita dalam buku ini juga ditulis dengan berbagai latar belakang yang berbeda, berbagai setting tempat yang berbeda, dan berbagai budaya yang berbeda.Sebut saja di dalam kumpulan cerita ini ada yang berlatarkan Negara Yaman, ada pula yang berlatarkan Negara Mesir, Sudan, Palestina, dan tentunya tak lupa berlatarkan negeri sendiri yang tercinta, Indonesia. Di samping mengenal budaya dan pesona negeri-negeri itu, cerita-cerita dalam buku ini tetap terfokus pada pemberian inspirasi kepada pembaca tentang sebuah pesan kehidupan. Bagaimana pembaca bisa meniru dan mengambil kebaikan dari setiap cerita yang ada.
Buku “Surat Cinta dari Rafah” ini berisi 9 cerita pendek dengan bonus satu puisi khusus persembahan untuk Palestina. Perlu diketahui oleh pembaca, hampir kesemua cerita-cerita di dalam buku ini telah mencatat prestasi dalam ajang perlombaan, baik di Yaman ataupun di Indonesia. Sebagian besar juga pernah dibedah di Rubrik Bilik Sastra, Voice of Indonesia, Siaran Luar Negeri RRI Jakarta. Hal ini perlu kami sebutkan dengan tujuan, bahwa cerita-cerita yang kami sajikan, insyaallah telah memenuhi kualitas yang baik untuk bisa dikonsumsi pembaca. Dengan demikian, cerita yang kami sajikan benar-benar layak untuk dinikmati dan ditiru oleh para pembaca sekalian yang budiman.
A Tribute to Palestina. Atau Persembahan untuk Palestina. Sengaja tajuk itu yang kami ambil dengan memunculkan judul “Surat Cinta dari Rafah” di cover depan. Ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap keadaan negeri impian yang sampai saat ini masih sekarat dilanda berbagai guncangan perang. Palestina tetaplah menjadi sebuah cita-cita yang ingin kita wujudkan kemerdekaannya. Dengan adanya kepedulian seperti ini, kami mengajak kkepada khalayak untuk membuka mata dan peduli terhadap nasib Palestina. Memang cerita-cerita di dalam buku ini tidak semuanya dipersembahkan untuk Palestina. Tapi di bagian akhir, kami menyisipkan sebuah puisi dan juga sebuah cerita pendek yang memang sengaja kami persembahkan untuk Palestina. Semoga apa yang kami tulis bisa bermanfaat bagi seluruh pembaca yang budiman.
Selamat berkeliling melintasi dunia kata. Selamat membaca!
                  Gresik, 10 – 01 – 2017
                     Dengan Segenap Cinta
                                       Adly Al-Fadlly


Komentar